latest Post

Mengenal Beragam Bahan Gamis Katun Jepang

Kain katun Jepang kini sudah sangat populer dan diminati para wanita, terutama untuk para hijabers atau wanita berjilbab. Kain katun Jepang memiliki keunggulan dan karakteristiknya tersendiri. Kain katun Jepang bisa dibuat sebagai bahan dasar mukena, sprei, hingga gamis. Gamis katun Jepang merupakan gamis yang indah yang kini banyak diburu oleh wanita hijabers masa kini.
Mengenal Beragam Bahan Gamis Katun Jepang
Gamis Katun Jepang. (foto: bukalapak.com)
Bagi kalangan awam tentu banyak yang tidak mengetahui bahwa katun juga memiliki banyak sekali jenis dan keunggulan yang berbeda-beda pula. Di pasaran, terdapat beberapa jenis katun yaitu katun Bangkok, katun rayon, katun silk sutra, katun satin Jepang, katun Cina, katun Paris hingga katun minyak. Lalu bagaimanakah ciri-ciri kain katun Jepang atau kain satin Jepang?
  • Bahan kain katun Jepang mempunyai serat kain yang halus dan lembut serta adem ketika menyentuh kulit.
  • Terbuat dari 90 persen hingga 100 persen katun berkualitas premium.
  • Warna kain katun Jepang mengkilap atau bisa dikatakan glossy, warnanya tidak mudah luntur serta tidak mudah pudar juga.
  • Di bagian ujung kain di salah satu sisi terdapat tulisan “Japan Design”, jika tidak ada maka biasanya tertera kode warna pada kain katun Jepang tersebut.
  • Kain katun Jepang menyerap keringat jauh lebih baik daripada katun-katun biasa.
  • Permukaan bahan kain katun Jepang juga terasa lebih halus dan lembut.
  • Warna kain katun Jepang lebih awet dan tahan lama.
  • Harga kain katun Jepang bisa dua kali lebih mahal daripada kain katun biasa.

Mulai dari gamis, dress, kemeja, hingga mukena bisa dibuat dengan kain katun Jepang yang sangat istimewa tersebut. Bahkan, saking populernya bahan kain katun Jepang, sprei dengan bahan ini juga sangat diminati masyarakat. Sekilas memang terlihat seperti kain katun biasa namun ternyata ketika dipakai sangat sejuk, lembut dan nyaman. Tentu hal ini juga bisa menambah kepercayaan diri Anda. Bagi Anda yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia ini sudah pasti memerlukan jenis bahan kain dengan karakteristik seperti itu, terlebih bagi para hijabers. Menggunakan baju lengan panjang untuk menutup aurat akan terasa sangat gerah dan tak nyaman jika memakai baju yang bahan kainnya panas. Berikut ini adalah contoh-contoh gamis katun Jepang yang ada di pasaran:

1. Gamis polos, motif bunga-bunga atau polkadot dari katun Jepang.
Gamis polos atau bermotif bunga-bunga dengan bahan kain katun Jepang tidaklah sulit ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan atau di toko busana Muslim di kota-kota Anda. Untuk gamis polos ini memiliki warna-warna yang cerah dan polos mendominasi seluruh bagian gamis kemudian diberi aksen bunga-bunga (floral) di bagian bawah kaki, pergelangan tangan dan kerah atau dada.

2. Gamis syar’i kain katun Jepang.
Sesuai dengan namanya, gaun ini memiliki ukuran yang lebih longgar dari gamis biasa. Meski demikian gamis ini terasa sangat ringan dan nyaman digunakan. Biasanya bermotif bunga-bunga dengan warna dominan yang cerah dan lembut.

3. Gamis pesta dan gamis batik Jepang.
Kedua gamis dengan bahan katun Jepang ini sangat cocok digunakan untuk pergi ke pesta-pesta dan acara resmi. Gamis pesta katun Jepang biasanya didominasi oleh warna polos namun ada sedikit aksen bunga-bunga di bagian-bagian tertentu. Yang membedakan gamis pesta katun Jepang dan gamis batik katun Jepang dengan gamis katun Jepang biasa hanyalah modelnya saja yang terlihat lebih elegan dan anggun.

About Syarifah Aqila An-Najah

Syarifah Aqila An-Najah
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar