4 Tips Memilih Warna Cat Untuk Membuat Dapur Anda Terlihat Lebih Luas

Tips memilih warna akan selalu berguna untuk Anda dan orang-orang setelah Anda yang sedang mencari tahu trik untuk membuat dapur mereka tampak tak hanya indah, namun juga memiliki fungsi lain dibanding estetika semata. Selalu dikatakan bahwa setitik warna yang Anda gunakan untuk ruangan-ruangan tertentu di rumah Anda dapat menimbulkan kesan tersendiri pada siapapun yang memandangnya, terlebih untuk urusan dekorasi dapur. 

Satu lapisan cat yang Anda pilih dapat mengubah seluruh tampilan ruangan secara drastis, dan hal terbaik dari konsep warna adalah secara visual, beberapa warna dapat memberikan kesan area dapur yang lebih luas daripada kenyataannya. Hal ini akan sangat membantu sang pemilik rumah untuk menanggung kerugian apabila suatu hari kediamannya ingin dijual. Dengan bentuk dapur yang “terlihat” lebih luas dari aslinya, calon pembeli takkan menganggap dapur yang kecil sebagai sebuah kekurangan. Jadi, jika Anda memiliki area dapur yang terbatas di rumah dan ingin membuatnya tampak lebih luas tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk melakukan renovasi pada struktur bangunan, berikut adalah tips mudah yang dapat Anda coba pada pemilihan cat untuk dapur Anda:

1. Gunakan skema warna netral
Jika Anda memiliki dapur yang kecil, warna putih dan warna-warna netral lainnya bisa menjadi penyelamat Anda. Warna putih dikenal dapat memantulkan cahaya, membuat dinding tampak menyatu, dan memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Ketika Anda menggunakan warna tersebut di dinding, meja dapur, kabinet, dan atap, Anda bisa menciptakan tampilan ruangan yang kohesif yang tidak memiliki suatu batas atau tepi. Untuk menghindari kesan ruangan yang terlalu monoton, gunakan warna putih dengan shade dasar yang berbeda-beda, atau gabungkan dengan tekstur-tekstur yang unik. 

2. Hindari menggunakan warna yang kusam
Menurut seorang ahli desain ruangan, warna-warna dengan hue yang lebih tajam dinilai lebih cocok untuk digunakan di area dapur daripada warna-warna yang redup. Anda dapat menggunakan warna yang sama pada area-area yang sering terlupakan seperti pada kusen jendela, dan bagian dalam dari rak-rak dapur. Ketika warna berhue tajam bertemu dengan warna putih di dinding, dapur akan terlihat lebih luas.

3. Jangan takut menggunakan warna yang berani
Sama halnya dengan larangan untuk menggunakan warna-warna yang kusam untuk penggunaan aksen di dapur, Anda pun disarankan untuk tidak lagi bermain aman dengan warna dinding di dapur. Untuk memberikan kesan ruangan dapur yang lebih luas, Anda sangat boleh untuk menggunakan warna yang sedikit lebih berani untuk salah satu sisi dapur Anda. Dengan mengecat dua sisi dapur yang berhadapan dengan warna yang lebih gelap daripada warna dinding lainnya, ruangan akan tampak lebih panjang. 

4. Mengecat dinding dan seluruh aksennya dengan warna yang sama
Meskipun beberapa orang akan takut untuk mengecat seluruh bagian dinding dengan warna yang sama karena akan tampak terlalu polos, jika dilakukan dengan benar, tips ini dapat membuat dapur Anda terasa lebih tinggi, jadi ketika beberapa calon pembeli memasuki rumah Anda pada saat nanti rumah Anda akan dijual, mereka juga akan dapat merasakan kesan dapur dengan langit-langit yang lebih tinggi.

5. Jika bisa, manfaatkan cahaya alami
Cahaya alami memiliki keuntungan untuk memperbesar ruangan apapun. Jika Anda hanya memiliki satu jendela di dapur, Anda dapat mengoptimalisasikan cahaya yang masuk tersebut dengan beberapa hal, seperti memiliki jenis tirai yang takkan memblok begitu banyak cahaya yang masuk, cermin kecil juga dapat membantu memaksimalkan penerangan alami. Yang pasti, Anda perlu mengetahui betapa pentingnya cahaya alami untuk memberi kesan dapur yang lebih luas. 

Anda mungkin tidak dapat mengubah begitu banyak hal di dapur Anda, namun hal ini tidak menghalangi Anda untuk tetap mendapatkan ilusi ruangan yang lebih besar. Namun, jika Anda benar-benar merasa dapur Anda terlalu kecil untuk mengakomodir seluruh kegiatan masak-memasak Anda di rumah, Anda bisa memugar dapur Anda dengan memilih pihak renovator dan desain interior yang baik. Selain untuk masalah keindahan, Anda juga perlu menyadari pentingnya menjaga seluruh peralatan dapur Anda berada pada kondisi terbaiknya. Jadi, jika misalnya kompor gas Anda rusak, segeralah servis kompor gas tersebut, dan jika kulkas Anda kurang dingin, segera perbaiki pula. Jangan sampai Anda terlalu memikirkan tampilan dapur Anda sampai-sampai Anda terlupa akan hal-hal lain yang juga tak kalah pentingnya.

Share on Google Plus

About Syarifah Aqila An-Najah

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar